Kiat untuk Orang Tua Agar Anak-anaknya Memiliki Masa Depan Cerah

Kiat untuk Orang Tua Agar Anak-anaknya Memiliki Masa Depan Cerah

Hadila.co.id — Memiliki masa depan cerah tentu menjadi dambaan bagi semua orang. Namun, untuk mewujudkannya, memerlukan usaha yang tidak mudah. Semua butuh perjuangan. Selama kita masih bisa bernapas dengan bebas, semua perjuangan itu mestinya bukan perkara yang mustahil untuk dilakukan. Mari berjuang untuk masa depan kita, hingga anak cucu kita, supaya kelak generasi muslim dapat bertahan di tengah gempuran zaman.

Rasulullah pun senantiasa berjuang untuk mencetak masa depan yang cerah dan berkualitas bagi anak-anaknya. Ia merupakan sosok yang sangat penyayang terhadap anak-anak, baik terhadap keturunan beliau sendiri atau pun anak orang lain.

Abu Hurairah Ra meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah Saw mencium Hasan bin Ali dan didekatnya ada Al-Aqra’ bin Hayis At-Tamimi sedang duduk.

Dia kemudian berkata, “Aku memiliki sepuluh orang anak dan tidak pernah aku mencium seorang pun dari mereka.” Rasulullah Saw segera memandang kepadanya dan berkata,Barang siapa yang tidak mengasihi, maka ia tidak akan dikasihi.” (H.R. Bukhari di Kitab Adab, hadis nomor 5538)

Di era sekarang, bukan hal mudah bisa mengasuh dan mendidik anak dengan baik dan proporsional. Apalagi bila ibu dan bapak dalam suatu keluarga, tidak memiliki bekal pengetahuan sebagai orang tua, terlebih dalam ilmu agama. Maka tidak heran, banyak anak-anak yang sulit diatur dan membuat orang tua pusing dalam mencari pola asuh dan cara mendidik yang sepatutnya diterapkan. Masa depan cerah? Jika begini caranya, tentu sulit didapatkan.

Tujuan utama mendidik anak dalam rumah tangga muslim, adalah mencetak masa depan yang cerah, yakni generasi islami. Sehingga orang tua harus memiliki bekal pengetahuan yang luas dan mapan, serta matang dalam ilmu agama. Orang tua wajib memberikan pendidikan, pengarahan, perlindungan, cinta dan kasih sayang kepada anak-anakanya. Tanggung jawab utama orang tua dalam keluarga adalah mengasuh dan mendidik anak sesuai syariat, berasaskan Alquran dan hadis.

Mencetak Masa Depan Cerah dengan Pembinaan Akidah dan Ibadah

Pembinaan kepribadian anak sejak dini yang seimbang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan individu sang anak di masa depan. Kepribadian ini tidak bisa sempurna kecuali diarahkan, dibina dan dibimbing dari segala aspek.

Pertama, pembinaan akidah, yaitu melalui pengenalan kalimat tauhid, mengajarkan anak mencintai Allah, merasa diawasi oleh-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya serta beriman pada qadha dan qadar. Anak-anak juga diajarkan mencintai nabi dan keluarganya, diajarkan Alquran, dan mendidik keteguhan akidah.

Kedua, pembinaan ibadah, ini adalah penyempurna dari pembinaan akidah. Dilakukan dengan mengajarkan salat, membiasakan anak dekat dengan masjid, membiasakan puasa dan bersedekah, mengenalkan ibadah haji serta zakat, dan sebagainya.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat