Hukum Salah Menyebut Mahar saat Ijab Qabul, Sah atau Tidak?

Hukum Salah Menyebut Mahar saat Ijab Qabul, Sah atau Tidak?

Hadila.co.id Pernikahan adalah momen yang istimewa yang menyatukan dua orang hamba Allah, dimana seorang laki-laki dan wanita disatukan dibawah ikatan pernikahan. Di dalam pernikahan kedua insan dinyatakan sah sebagai suami istri apabila telah melaksanakan ijab qabul. Namun bagaimana hukum jika dalam ijab qabul si pria salah menyebut mahar?

Bagaimana hukum salah menyebut mahar? bagaimana misalnya jika ia salah menyebutkan nominal uang, berat emas atau yang lainnya? apakah ijab qabul tetap dianggap sah, apakah si pria harus mengulangi ijab qabul, atau pernikahan menjadi tidak sah?

Pria Wajib Sadari dan Lakukan Hal Ini saat Tergoda dengan Wanita Lain

Bagaimana hukum salah menyebut mahar? Mahar adalah pemberian calon suami sebagai tanda kesungguhannya untuk menikahi seorang wanita. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” [Q.S. An-Nisa’: 4]

Dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada calon suami untuk memberikan mahar kepada wanita yang hendak dinikahinya. Namun demikian menurut pendapat mayoritas ulama, mahar bukan merupakan syarat sahnya akad nikah juga bukan salah satu dari rukun nikah. Mahar merupakan suatu kewajiban yang harus dibayar oleh seorang suami kepada istrinya karena alasan kehalalan hubungan antar keduanya.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat