Hukum Asuransi Menurut Islam, Bagaimana Jika yang Konvensional?

Hukum Asuransi Menurut Islam, Bagaimana Jika yang Konvensional?

Assalamu’alaikum. Bagaimana hukum asuransi menurut Islam (pendidikan, jiwa, kesehatan) dari lembaga keuangan konvensional? (Reza-Sragen,085728096xxx)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Sebelum kita mengikuti suatu produk keuangan, akad atau transaksi tertentu, hendaknya kita terlebih dahulu memahami aturan mainnya. Jika sesuai hukum Islambkita boleh mengikutinya. Jika tidak, maka kita harus mencari alternatif lain.

Berkenaan dengan hukum asuransi menurut Islam, para ulama ada yang mengharamkan secara mutlak, ada yang menghalalkan secara mutlak, dan ada yang menghalalkan jenis tertentu (asuransi ta’awuni yang berorientasi pada sikap tolong menolong dan saling menanggung) serta mengharamkan jenis lainnya (asuransi tijari yang berorientasi bisnis dan meraih keuntungan semata).

Pendapat ketiga tentang hukum asuransi menurut Islam inilah yang dikuatkan banyak ulama dan majma’ fiqhi di negara-negara Muslim.

Kriteria asuransi yang halal

Pertama, prinsip akad asuransi ta’awuni adalah takafuli (tolong-menolong). Di mana nasabah yang satu menolong nasabah yang lain yang tengah mengalami kesulitan. Sedangkan akad asuransi tijari bersifat tabaduli (jual beli antara nasabah dengan perusahaan).

Hafidz Muftisany
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat