Hijrah Bisa Berujung Riya, Muzammil Hasballah: “Luruskan Niat Hanya karena Allah!”

Hijrah Bisa Berujung Riya, Muzammil Hasballah: “Luruskan Niat Hanya karena Allah!”

Hadila.co.id – Kerohanian Islam (Rohis) Al Abidin Bilingual Boarding School (ABBS) Surakarta menyelenggarakan kajian bersama Ustaz Muzammil Hasballah, S.T. di Masjid Sudalmiyah Rais, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (23/11).

Kegiatan bersama pemuda yang terkenal sebagai Qari dan Dai Nasional ini mengangkat tema Hijrahmu Jalan Surgamu.

Mengawali ceramahnya, pemuda kelahiran Aceh, 21 September 1993 ini melantunkan beberapa bacaan ayat suci Alquran dengan suara merdunya.

Ia kemudian mulai membagikan pengalamannya terkait dengan tema yang telah ditetapkan. “Menurut teman-teman, hijrah itu apa?” tanya Muzammil kepada audiensi.

Beberapa jenak kemudian, ia menjabarkan jawaban atas pertanyaannya sendiri. Menurut Founder Qari Community tersebut, hijrah secara umum bisa berarti berpindah, shift, move.

“Saat ini, istilah hijrah memang kerap menjadi trending di kalangan masyarakat. Baik tua ataupun muda, laki-laki ataupun perempuan. Semuanya,” ungkap alumni Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

“Kalau zaman dulu, di masa kerasulan Muhammad Saw, hijrah adalah berpindahnya dakwah dari Makkah ke Madinah. Namun sekarang, hijrah pengertiannya bisa jauh lebih luas. Bisa hijrah diri, hijrah hati, hijrah perasaan—move on, dan sebagainya,” tambahnya.

Selanjutnya, Muzammil banyak membahas soal siroh Nabi Muhammad Saw kala melakukan proses hijrah yang dipenuhi dengan berbagai tantangan. Sesekali, ia juga menyisipkan bacaan ayat suci Alquran di sela-sela penjelasannya dengan suara yang khas ala seorang qari.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat