Hati-Hati, Dengar Musik Pakai Headset Bisa Sebabkan Bahaya Ini

Hati-Hati, Dengar Musik Pakai Headset Bisa Sebabkan Bahaya Ini

Hadila.co.id — Banyak orang gemar mendengar musik melalui headset. Berhati-hatilah dengan kebiasaan tersebut, karena tanpa sengaja hal itu dapat memicu kerusakan alat pendengaran.

Terutama saat mendengar musik dengan headset sebelum tidur. Banyak kasus, headset masih terpasang di telinga dengan musik masih menyala sampai seseorang tertidur. Ini sangat berbahaya.

Dokter dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI Harim Priyono, SpTHT-KL (K) sebagaimana dikutip dari salah satu portal berita online mengungkapkan, kebiasaan tersebut bisa merusak fungsi pendengaran.

“Sangat disayangkan kadang orang dengar headset sampai tertidur. Ketika tidur, kan dia tidak bisa mendengar, tetapi rumah siput tetap menerima energi suara secara berkelanjutan. Bisa terjadi kelelahan pada rumah siput,” terangnya.

Rumah siput atau koklea adalah bagian dalam telinga yang berfungsi mengirim pesan ke saraf pendengaran dan otak. Ketika sering ditempa suara keras melalui headset, bisa terjadi kerusakan saraf atau gangguan sensorineural yang permanen.

Kerusakan saraf pendengaran akhirnya akan menurunkan fungsi pendengaran. Kondisi tersebut termasuk gangguan pendengaran akibat bising atau Noise Induced Hearing Loss (NIHL).

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat