Falikhatun: Penduduk Indonesia 87,5% Muslim tapi Minim Praktisi Keuangan Syariah

Falikhatun: Penduduk Indonesia 87,5% Muslim tapi Minim Praktisi Keuangan Syariah
Ketua Pusat Studi Ekonomi Islam Uversitas Sebelas Maret (PSEI UNS) Surakarta, Falikhatun

SOLO, HADILA – Ketua Pusat Studi Ekonomi Islam Uversitas Sebelas Maret (PSEI UNS) Surakarta, Falikhatun mengatakan Indonesia ini penduduk muslim mencapai 87,5% namun jumlah praktisi keuangan syariah masih minim.

“Hal ini disebabkan masih rendahnya tingkat literasi keuangan syariah di Indonesia,” kata Falikhatun ketika menjadi narasumber seminar nasional keuangan syariah Himpunan Mahasiswa Program (HMP) Pendidikan Akuntansi UNS, Sabtu (14/9/2019).

Keberadaan sosok praktisi keuangan muslim bagi sebuah negeri yang mayoritas muslim ini, menurut Falikhatun, sangat penting. Mengapa? Karena hal itu kata Fali, sapaan akrab doktor akuntansi ini, termasuk untuk memenuhi hajat hidup seorang muslim dalam hal bermuamallah.

Oleh karenanya, lanjut diaa, di Indonesia dengan tingkat literasi keuangan syariah yang baru 8,11% masih perlu ditingkatkan untuk meningkatkan tingkat inklusi keuangan syariah sebanyak 11,06%.

“Siapa yang harus melakukan sosialisasi supaya literasinya tinggi? Ya kita semua punya kewajiban untuk mensyiarkan syariah yang muslim terutama kalau literasi tinggi maka diharapkan inklusinya semakin tinggi,” tambahnya.

mulyanto
EDITOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat