Cara Membayar Hutang pada Orang yang Tidak Kita Ketahui Keberadaannya Menurut Islam

Cara Membayar Hutang pada Orang yang Tidak Kita Ketahui Keberadaannya Menurut Islam

Hadila.co.id – Assalamu’alaikum. Ustadz, bagaimana caranya membayar hutang kepada orang yang telah tidak kita ketahui lagi tinggalnya? Sedangkan sewaktu masih belum pindah kita belum punya uang untuk membayarnya. Terima kasih. 

Wa’alaikumussalam Wr. Wb.

Ketika kita terpaksa berhutang, untuk suatu keperluan, maka kita harus senantiasa menghadirkan niat untuk bersegera melunasinya. Jangan sampai berniat untuk tidak membayarnya. Rasul Saw. bersabda, “Barangsiapa mengambil harta orang lain dengan niat mengembalikannya, maka Allah akan memudahkan baginya untuk mengembalikannya. Barangsiapa mengambil harta orang lain dengan niat menghilangkannya, Allah akan menghilangkan hartanya sehingga ia tidak akan dapat mengembalikannya”.[HR. Bukhari]

Jelang Ramadhan, Mari Pahami Puasa Sebagai Salah Satu dari Lima Pilar Agama

Dengan niat ini kelak di hari kiamat kita insya Allah tidak menghadapi permasalahan di akhirat. Adapun di dunia, maka kita memiliki beberapa alternatif untuk membayar hutang. Pertama, kita mengelola uang itu, lalu menyerahkan semuanya kepada pemilik piutang suatu saat nanti ketika ia datang atau ditemukan alamatnya.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat