Cara Membangun Kembali Kepercayaan Pasangan Kita, Diantaranya dengan Menurunkan Ego

Cara Membangun Kembali Kepercayaan Pasangan Kita, Diantaranya dengan Menurunkan Ego

Hadila.co.id Banyak keluhan yang terjadi di ruang konseling, istri yang merasa sakit hati dan sulit memaafkan suaminya yang selingkuh. Kenyataan itu menghancurkan kepercayaan yang sudah dibangun bertahun-tahun. Atau, suami merasa ditikam dari belakang oleh sang istri yang selingkuh. Rasa percaya yang telah dimiliki suami mendadak hilang. Mereka bertanya bagaimana cara untuk membangun kepercayaan pada pasangan kembali? Bagaimana membangun lagi kepercayaan suami istri?

Memang tidak mudah membangun kembali kepercayaan pasangan, ketika mendapati pasangan melakukan kesalahan yang menyakitkan.

Perselingkuhan telah menghancurkan bangunan kebahagiaan keluarga, merusak kepercayaan kepada pasangan yang telah dibina sepanjang masa pernikahan. Namun bukan berarti pernikahan tidak bisa diselamatkan. Jangan merasa sejarah keluarga sudah selesai.

Pria Wajib Sadari dan Lakukan Hal Ini saat Tergoda dengan Wanita Lain

Ada sangat banyak cara untuk membangun kembali kepercayaan kepada pasangan.

Pertama, yang harus cermat/matang dipikirkan adalah menjaga keutuhan keluarga. Pernikahan adalah ikatan sakral atas nama Tuhan yang tidak boleh dirusak dengan semena-mena.

Perasaan tanggung jawab atas pernikahan dan keutuhan keluarga ini seharusnya membuat suami-istri berpikir rasional. Tidak mudah terpancing oleh keinginan membuat keputusan sesaat tanpa memikirkan masa depan.

Salah satunya masa depan anak, yang memerlukan bimbingan dan kasih sayang kedua orang tua dalam keluarga yang utuh.

Kedua, tundukkan emosi dan ego diri agar tidak merusak kebahagiaan keluarga yang masih bisa dibangun kembali bersama pasangan Munculnya emosi yang tinggi saat mengetahui pasangan berselingkuh, keinginan membuat perhitungan, merasa harga diri ternodai, sangat bisa dipahami.

Namun yang harus diperhatikan, bahwa semua orang memiliki kekurangan dan kesalahan. Jika suami melakukan kesalahan, itu ada andil istri, dan jika istri melakukan kesalahan juga ada andil suami.

Jika menuruti ego dan emosi, ikatan pernikahan bisa rusak dengan mudah, dan harus ‘dibayar mahal’.

Penyebab Kita Tidak Puas dan Mudah Iri pada Rumah Tangga Orang Lain

Ketiga, lupakan kesalahan pasangan. Hal yang paling berat adalah melupakan kesalahan pasangan. Banyak istri dan suami yang menyatakan tidak bisa melupakan kesalahan pasangan. Itu karena mereka terus mengingatnya.

Selembar daun dapat menutupi dunia, ketika daun itu menutupi kedua mata kita. Demikian pula dengan hati kita, apa yang paling banyak memenuhi hati kita itu yang akan selalu teringat dan tidak pernah dilupakan.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat