BMOIWI Kerja Sama dengan LPPOM MUI Adakan Sosialisasi Produk Halal

BMOIWI Kerja Sama dengan LPPOM MUI Adakan Sosialisasi Produk Halal

Jakarta – Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) menyelenggarakan training of trainer (TOT) sosialisasi produk halal untuk organisasi massa (Ormas) anggota BMOIWI, Sabtu, (27/7) di kantor BMOIWI. Mengangkat tema ‘Halal is My Life’, acara dihadiri oleh 50 peserta dari 21 ormas anggota BMOIWI.

Ketua Presidium BMOIWI, Ustazah Dr. Aan Rohanah,Lc., M.Ag menuturkan, training ini bertujuan menyiapkan para trainer agar dapat melakukan sosialisasi dan edukasi produk halal. “Banyaknya produk minuman, makanan, kosmetik yang tidak halal dan orang-orang awam tidak paham sehingga tanpa sadar menjadi konsumsi setiap hari. Diharapkan TOT ini menjadi salah satu solusi,” tutur Ustazah Aan.

“Setelah pelatihan ini, diharapkan mereka dapat mengedukasi setiap pengurus ormasnya sampai ke tingkat ranting. Dan setiap pengurus nanti dapat mensosialisasikan lagi ke masyarakat secara umum, sehingga masyarakat dapat menyeleksi makanan yang akan dikonsumsi,” katanya melanjutkan.

Ustazah Aan juga mengingatkan pentingnya memperhatikan asupan untuk diri dan keluarga. Di antaranya, dalam agama Islam orang yang makanannya haram tidak akan dikabulkan doanya. Karena itu, mereka harus makan makanan yang halal saja agar doanya terkabul. Memperhatikan kehalalan apa yang dikonsumsi, bukan saja kepentingan orang tua, tapi juga bagi para guru dalam mendidik putra-putri serta siswa-siswinya. Menurutnya, setiap anak yang tumbuh dari makanan yang halal, akan memiliki karakter yang baik dan mudah dalam menerima nasihat orang tua maupun gurunya. “Tapi kalau (anak tumbuh) dari makanan yang haram, ini akan mempersulit orang tua dalam mendidik anaknya,” katanya.

Ia mengakui, saat ini masyarakat sulit membedakan antara produk halal dan haram, kecuali melihat logo LPPOM MUI yang tertera di kemasan. Sementara, produk haram yang tidak terdeteksi jumlahnya sangat banyak. “Melalui TOT ini mudah-mudahan masyarakat melek halal dan tidak sembarangan dalam memilih makanan,” ujarnya.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat