fbpx

Apakah Warisan Terbaik Bagi Anak?

Apakah Warisan Terbaik Bagi Anak?

Oleh: Supomo (Pegiat Sosial)

Hadila – Suatu saat Rasulullah Saw menggendong seorang anak, memeluk, serta menciumnya dengan lembut. Tak berapa lama anak kecil itu buang air sehingga pakaian Rasulullah Saw kena najis. Melihat kejadian itu spontan orang tua si anak segera mengambil anak tersebut dari gendongan Rasulullah dengan kasar. Anak kecil itu menangis karena merasa diperlakukan tidak bijak.

Seketika Rasulullah menghampiri sahabatnya itu dan bersabda. ”Air kencing anakmu dengan mudah bisa aku hilangkan dengan membersihkannya, tetapi sikap kasarmu kepada anakmu tadi akan terus membekas di ingatannya dan sulit untuk dihilangkan.

Sungguh lembut dan mulia akhlak Rasulullah Saw. Benarlah kesaksian Anas bin Malik yang mengatakan, “Rasulullah adalah orang yang paling sayang terhadap anak- anak kecil.”

Betapa banyak perilaku kasar orang tua terhadap anak mirip kejadian di atas. Bahkan yang lebih pun sudah tak terbilang jumlahnya. Melalui kejadian di atas Rasulullah mengingatkan kita bahwa, sikap kasar pada anak bisa membekas hingga sulit untuk hilang, dapat memberikan efek trauma hingga dewasa.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di University of Manitoba di Kanada telah menyebutkan bahwa, sikap kasar pada anak akan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, radang sendi, kanker, hingga obesitas pada anak.

 

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat