Anak Ketahuan Mencuri, Orang tua Wajib Lakukan 5 Hal Ini agar Anak Berhenti

Anak Ketahuan Mencuri, Orang tua Wajib Lakukan 5 Hal Ini agar Anak Berhenti

Hadila.co.id – Sedih rasanya mengetahui ternyata anak kita mencuri, padahal selama ini kita merasa tidak pernah memberi contoh seperti itu. Akan tetapi anak-anak dibesarkan tidak hanya dari keluarga, tetapi juga oleh lingkungan.

Mungkin orang tua akan kaget saat mengetahui anaknya mencuri. Padahal orang tua sudah berusaha maksimal dan mendidik anak agar menghindari perilaku-perilaku yang tercela dan berdosa.

Meski begitu juga perlu melihat bahwa anak tidak hanya tumbuh di lingkungan keluarga saja, namun juga di lingkungan sosial. Bisa saja anak belajar mencuri dari melihat orang saat dijalan, melihat temannya, dll.

5 Tips Ngabuburit Asyik Bersama Buah Hati

Ada beberapa hal yang mendorong anak untuk mencuri, misalnya:

pertama, orangtua kurang disiplin dalam kepemilikan barang. Terkadang, ketika kita repot dan anak meminta uang, kita mengatakan “ambil aja di dompet”. Perkataan itu menjadikan anak dengan mudah mengambil sesuatu dari dompet ibunya.

Perlu membiasakan anak sejak dini untuk selalu ijin ketika akan meminta atau melakukan sesuatu. Tanamkan tentang cinta kejujuran, pantangan untuk berdusta, takut melakukan dosa dan mencintai kebaikan yang berbuah surga.

Menjadi Guru Periset, Mencari yang Terbaik untuk Generasi Terbaik

Kedua, faktor lingkungan. Ketika teman-temannya memiliki banyak mainan, makanan dan produk ”berkelas” akan menimbulkan keinginan anak untuk memilikinya.

Ketika meminta kepada orangtua tetapi tidak terkabul dan kebetulan orangtua sembarangan dalam meletakkan uang maka itu bisa jadi pemicunya.

Pentingnya Komunikasi Guru-Murid, dan Cara Berkomunikasi yang Efektif

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat