6 Tema yang Harus Dibahas Dengan Pasangan

6 Tema yang Harus Dibahas Dengan Pasangan

 

SUKOHARJO – Keluarga yang harmonis, bahagia, sakinah tentu menjadi impian setiap pasangan. Hal itu akan terwujud salah satunya dipengaruhi oleh bagaimana suami istri komunikasi. Ada 6 tema yang harus dibahas dengan pasangan.

Hal itu disampaikan Konsultan Nasional Keluarga Sakinah, Ustaz Tri Asmoro Kurniawan pada kajian rutin di Griya Sakinah, Aula Lt.2, Toko Arafah, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Kamis (19/9).

Menurut Ustaz Tri Asmoro untuk mencapai keluarga yang harmonis suami istri harus tahu kapan, di mana waktu yang tepat dalam berkomunikasi. Menurutnya ada beberapa tema yang harus disampaikan terhadap pasangan agar bisa menjadi pasangan yang harmonis.

Pertama, tentang wilayah komunikasi

Sepasang kekasih, suami istri pasti ingin dimengerti, diperhatikan, diberi perhatian dan rasa kasih sayang yang tulus dari hati. Akan tetapi semua itu tak akan terpenuhi jika tanpa adanya perkenalan, penjajakan serta informasi tentang hal-hal yang membuat pasangan senang, marah, dan harapan-harapan yang ia inginkan. Maka dari itu sebagai sepasang kekasih hendaknya mulai malam pertama saling kenal mengenalkan tentang sikap, sifat kepribadianya juga lingkungan keluarganya agar pasangan  tahu mana sifat dan sikap yang disukai dan tidak disukai.

Kedua, tentang akidah.

Ia menjelaskan akidah yang kuat cenderung membuat pasangan suami-istri menjadi lebih sabar dan tangguh dalam menghadapi cobaan atau lika-liku rumah tangga. aqidah yang lemah menjadi salah satu akar permasalahan timbulnya perceraian. Di samping faktor lain seperti pengasuhan yang tidak jelas, kepercayaan diri yang lemah, kecerdasan emosi yang buruk, serta keterampilan hidup yang kurang. “Seseorang yang memiliki akidah yang kuat jika menemui masalah, cenderung melakukan introspeksi dan tobat, lalu meminta petunjuk dan kekuatan kepada Allah. Di sinilah peran kedekatan kepada Allah yang menjadikan orang lebih sabar dan kuat mengontrol emosinya,” paparnya.

Ketiga, tentang visi-misi berkeluarga.

Setiap pekerjaan dan aktivitas manusia mestilah memiliki tujuan dan target tertentu. Agar tujuan dan target tersebut bisa tercapai maka gambaran tentang tujuan dan target serta urutan pekerjaan juga harus jelas. Begitu pula dalam hal pernikahan.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat