5 Prosedur agar Anak Mentaati Peraturan

5 Prosedur agar Anak Mentaati Peraturan

Oleh : Miftahul Jinah (Direktur Griya Parenting Surabaya)

Hadila.co.id – Sebagai orang tua maupun pendidik, kita sering direpotkan dengan anak-anak yang sulit menaati peraturan yang telah kita buat. Seperti peraturan menjaga kebersihan dan kerapian kamar atau meletakkan barang pada tempatnya. Namun kita lupa untuk mengetahui mengapa mereka sulit mengikuti peraturan-peraturan tersebut.

Mungkin mereka sulit untuk mengingat peraturan-peraturan karena  banyaknya peraturan tersebut.  Atau peraturan tersebut terlalu abstrak dan kurang menjelaskan bagaimana ia dijalankan dengan mudah.

Marilah kita mencoba untuk membawa peraturan tersebut kepada prosedur-prosedur apa saja yang dibutuhkan supaya peraturan tersebut lebih aplikatif dan mudah untuk dijalankan.

Seperti peraturan menjaga kebersihan dan kerapian kamar, kita dorong menjadi prosedur bersih kamar dari prosedur piket kamar, prosedur membersihkan dan merapikan ranjang, prosedur segera menaruh sampah pada tempatnya, dan lain-lain.

Atau peraturan meletakkan barang pada tempatnya kita dorong menjadi prosedur meletakkan barang pada lemari dengan membuat gambar standar lemari yang rapi.

Dengan mendorong peraturan menuju beberapa prosedur yang lebih jelas langkah-langkahnya, sesungguhnya banyak manfaat yang dapat kita rasakan:

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat