10 Solusi Saat Ngantuk di Jam Kerja

10 Solusi Saat Ngantuk di Jam Kerja

Hadila.co.id — Menguap terlalu sering dapat menghambat pekerjaan. Bahkan menguap diidentikkan dengan rasa malas. Ekspresi menguap adalah ekspresi mengantuk. Apakah Sahabat sering mengalaminya hingga kantuk berat melanda? Sahabat bisa mencoba 10 tips berikut saat rasa kantuk menyerang, khususnya sebagai solusi saat ngantuk di jam kerja (waktu produktif).

Minum Air Putih

Salah satu penyebab Anda mengantuk saat kerja adalah kurangnya air putih pada tubuh yang menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasinya, cobalah minum segelas air putih sehingga tubuh Sahabat kembali segar. Sahabat juga bisa mengantisipasinya degan menyediakan segelas atau sebotol air putih di meja kerja.

Ngemil Buah Segar

Cobalah untuk menyediakan sedikit camilan buah segar di dekat meja kerja Sahabat. Mengembil buah segar dapat memberikan asupan nutrisi untuk tubuh. Sehingga pikiran kembali segar dan energi pun terisi.

Menurunkan Suhu AC

Di ruang kerja Sahabat ada AC? Cobalah untuk menurunkan suhunya hingga benar-benar dingin. Suhu dingin membuat tubuh lebih terjaga.

Lakukan Gerakan Ringan

Sahabat bisa membuat ketukan-ketukan suara kecil, menggerak-gerakkan bolpoin, gerak kaki, atau kepala untuk menghapus rasa kantuk. Gerakan ringan ini diyakini mampu merelaksasi tubuh hingga mengusir rasa kantuk yang melanda.

Dengarkan Bunyian yang Tidak Teratur

Bunyi yang teratur seperti suara kipas, AC, bahkan mesin di dekat Anda dapat menstimulasi pikiran jadi mengantuk. Dengarkan bunyian seperti muratal, nasyid, dan instrumen ringan sehingga melalui telinga Sahabat mampu memberi sumbangsih untuk ide-ide cemerlang.

Berwudu

Cobalah pergi ke kamar mandi sejenak untuk berwudu. Bilasan air wudu pada tubuh Anda dapat mengusir rasa kantuk. Terutama jika semalam suntuk Sahabat sudah bekerja terlalu berat.

Menghirup Udara Segar

Mengantuk bisa disebabkan karena ruang kerja yang sesak. Untuk itu berdirilah sejenak dari tempat duduk Sahabat kemudian hirup nafas dalam-dalam agar mendapatkan oksigen yang cukup banyak. Jika masih mengantuk, lakukan jalan-jalan ke ruang sekitar, ke teras, ke balkon, ke taman yang di sana banyak tumbuhan, atau ke tempat yang cukup luas untuk mata memandang. Sahabat juga bisa menghampiri rekan kerja terdekat untuk menyapanya sejenak hingga bertukar pikiran.

Beri Penerangan yang Cukup

Tempat kerja yang tak memiliki penerangan cukup bisa membuat Sahabat terserang kantuk hebat. Jika penerangan kurang, cobalah untuk mengganti yang lebih terang daripada sebelumnya. Jika Sahabat membutuhkan banyak ide, cobalah sesekali menengok cahaya dari balik jendela.

Ciptakan Ruang Kerja Baru

Mengantuk bisa disebabkan karena rasa bosan. Barangkali Sahabat bisa sekadar menata ulang ruang kerja agar suasana tampak berbeda. Bisa juga dengan menambahkan aroma terapi di ruang kerja atau akuarium dinding yang bisa dipandang untuk menciptakan kreativitas saat bekerja.

Optimis

Cobalah optimis dengan menambah motivasi kerja. Jika semua sudah Sahabat lakukan, tetapi masih terserang kantuk berat, Sahabat perlu mencari motivasi bekerja. Motivasi bekerja diperlukan para pekerja untuk memperbaiki niat bekerja, bahkan agar pikiran semangat kembali. Caranya dengan membaca buku inpsirasi, perjalanan, hingga mengikuti seminar atau kajian. Jika semua tips di atas Sahabat coba, insya Allah bisa menjadi solusi saat ngantuk di waktu-waktu yang produktif untuk mengerjakan sesuatu. <Fitria Julestri>

Sumber: diolah dari berbagai sumber.
Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat